Hacking : Apa Itu Watering Hole ?

Politeknik Negeri Lampung
Manajemen Informatika


Sebagai seorang Hacker, tentu bukan pekerjaan yang sembarangan. Tidak semua orang bisa menjadi seorang Hacker. Setiap hacker juga memiliki beberapa teknik yang mereka gunakan untuk melakukan hacking terhadap korbannya, diantaranya MiTM, phising, EavesDropping, Watering Hole dan lainnya. Secara keseluruhan teknik tersebut tidak mudah dilakukan, oleh karena itulah tidak sembarangan orang yang menjadi Hacker.

Baca Juga >> Teknik Phising dalam Hacking


Kali ini admin akan membahas tentang salah satu teknik hacking yaitu Watering Hole. Teknik Watering Hole tidak lain hanya lah memata-matai korban. Sang Hacker akan melihat atau memata-matai korbannya dimana korban tersebut mengunjungi situs, kemudian hacker akan menunggu pada situs tersebut dengan menaruhkan sebuah malware pada situs tersebut. Sehingga sang korban nantinya akan masuk perangkap.


Teknik ini sebenarnya hampir sama dengan teknik EavesDropping, hanya saja EavesDropping menyadap korbannya dengan menggunakan perangkat tambahan khusus dan kemampuan khusus. Sedangkan Watering Hole ini hanya menaruhkan malware pada situs tertentu untuk mencuri data sang korbannya.

Baca Juga >> Teknik EavesDopping untuk Hacking

Dengan mengetahui Teknik Watering Hole, tentu kita tidak ingin terjebak dengan teknik ini. Kita harus mencegahnya agar kita menjadi korban Hacking. Ada Cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari serangan sang hacker ini. Diataranya
  1. Kita Harus Men-enkripsi jalur koneksi internet kita dengan menggunakan " HTTP Everywhere " dan " Force TLS " . Dengan 2 cara ini kita bisa mencegah terjadinya teknik Watering Hole menyerang kita.
  2. Lakukan Scan secara berkala pada komputer kita. Tujuannya adalah agar komputer kita bisa terdeteksi apabila ada malware atau virus. Kita bisa menggunakan software antivirus seperti smadav, avira dan lainnya. Dengan dilakukannya secara rutin, apabila ternyata di dalam komputer kita ada malware, setiidaknya malware tersebut tidak akan bertahan satu hari pada komputer kita. tentu ini akan sangat membantu apabila kita rajin melakukan scanning.
Nah, itulah tadi tentang salah satu teknik Hacking yang sangat merugikan sang korban. Semoga dengan pengetahuan yang kita dapat, kita menjadi terhindar dari serangan hacker ini. Dengan melakukan tindakan pencegahan diatas, setidaknya kita bisa mengurangi tindakan kejahatan yang terjadi di dunia maya.

Semoga Menambah Wawasan dan Bermanfaat....

9 comments:

  1. nice artikel.. semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Mantap gan, bisa lebih berhati hati lagi dalam menggunakan komputer khusnya yang terhubung lewat jaringan

    ReplyDelete
  3. keren banget gan sangat membantu :D

    ReplyDelete
  4. mantap Gan perlu di pelajari ni terimaksih info nya nitip link ya gan http://bongolinfo.tk

    ReplyDelete
  5. intext:"It is in point of fact a nice and helpful piece of information."
    good article and I really like this article thanks.
    togel online

    ReplyDelete
  6. Agen Tangkas Online

    you have nice artikel, i want to share this page. i want this permite with, if you give me a permite you can find me in my site.. thankyou verymuch

    ReplyDelete